6 Cara Memasarkan Produk Dengan benar dan Tertarget

Pemasaran merupakan sebuah langkah yang penting untuk meningkatkan performa perusahaan dengan memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Melalui strategi dan cara memasarkan produk dengan benar dan tepat sasaran, Anda dapat memperoleh brand awareness dari konsumen. Sehingga dapat mengingat nama produk, logo, kemasan, hingga slogan pada produk bisnis Anda. Bukan hanya itu, bisnis yang Anda jalankan juga mampu meraih target penjualan yang lebih efektif apabila dilakukan langkah pemasaran produk yang benar. 

Cara memasrkan produk dengan benar

Cara memasarkan product dengan benar

Untuk langkah pertama sebelum menerapkan cara memasarkan produk dengan benar, ada baiknya jika Anda mengenal pasar dan target market terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan produk berkualitas dan berbeda dari produk milik kompetitor. Apabila produk Anda sudah ada yang mengeluarkan lebih dulu, maka Anda harus fokus untuk memperbaiki kelebihan produk. Supaya konsumen memperhatikan keunggulan produk Anda daripada milik kompetitor. Dan untuk mencapai tujuan kesuksesan pada bisnis Anda, simak cara memasarkan produk yang benar dan tepat untuk bisnis Anda berikut ini.

Anda pelajar? Coba baca ini dulu : Bisnis yang cocok untuk pelajar

Manfaatkan Media Sosial

Anda pasti percaya jika social media merupakan media dan alat pemasaran produk yang ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda serta menjangkau pemirsa lebih luas. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instragam dengan mengenalkan brand produk Anda.

Tapi sesuai yang akan saya bahas, yaitu cara memasarkan produk secara tertarget, yang mana tidak semata mata anda hanya share di sosial media kemudian audience anda akan tepat sasaran dengan sendirinya.

Yang pertama adalah bangun branding akun anda dan masuk ke lingkungan sosial media sesuai target anda, contoh : jika anda menjual alat dapur usahakan friendlist yang ada di akun anda isinya ibu ibu yang kemungkinan sering masak.

Gak mungkin dong bapak bapak beli alat dapur hehehe. Nah ini lah salah satu tips yang penting agar produk anda semakin besar peluangnya untuk laku.

Menawarkan Produk Secara Gratis dengan Beragam Cara

Memasarkan produk yang ebnar dengan promo

Anda pasti setuju apabila ada hal yang menghalangi konsumen membeli sebuah produk karena belum mencobanya. Kecuali, ada teman yang juga mencoba kemudian mengenalkan pada teman lainnya. Sehingga, untuk memasarkan produk bisnis yang benar, sebaiknya Anda perlu memberikan sample product kepada konsumen secara gratis, atau dengan melakukan kegiatan giveaway kemudian meminta yang memenangkan untuk mempromosikan produk bisnis Anda tersebut.

Saya ingat dulu ada penggiat affiliate, dia menjual product digital dengan berbagai macam bonus, dan ya, saya tertarik untuk membelinya dikarenakan banyak bonus yang saya dapatkan. Jadi saya membeli produk yang di affiliasikan orang dan saya mendapat bonus beberapa product juga darinya. Sangat efektif untuk memasarkan produk !

Menjadi Sponsorship pada Kegiatan Lomba atau Acara Tertentu

Cara memasarkan produk supaya tertarget, baik secara offline maupun online juga bisa Anda terapkan dengan menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan tertentu atau justru menjadi penyelenggaranya. Pemasaran semacam ini dipastikan lebih efektif, karena logo, maupun brand yang Anda promosikan lebih dikenali oleh peserta lomba dan masyarakat luas. 

Tapi tentu saja, anda harus pintar memilih kegiatan tersebut. Jangan anda memasarkan product yang bertolak belakang dengan kegiatannya, menjual alat dapur masa di lomba 17 agustusan. Kan aneh.

Cara memasarkan produk dengan benar melalui Promo Pembelian Produk

Siapa sih yang tidak tertarik dengan promo produk sekian persen. Apalagi ada produk terbaru yang ingin Anda kenalkan. Oleh karenanya, Anda dapat memasang iklan dengan memberikan promo tertentu, semisal Buy One, Get One, atau diskon 20%, dan sebagainya. Namun demikian, Anda harus memperhitungkan untung dan ruginya terlebih dahulu ya. Caranya, dengan promo yang dijalankan dalam 3 hari atau 2 hari saja.

Sebenarnya ada trick tersendiri untuk membuat promo maupun diskon di produk kita, untuk ini akan saya bahas dilain waktu. Jadi jangan ke-enakan kasih diskon eh ternyata gak dapat untung karena kebanyakan ngasih promo.

Memberikan Reward untuk Konsumen yang Merekomendasikan Produk

Pemasaran ini merupakan bagian dari cara kedua, yakni apabila konsumen cenderung membeli sebuah produk yang direkomendasikan temannya. Terlepas dari cara promosinya dengan media online maupun offline. Untuk menunjang promosi secara word of mouth ini, berikanlah insentif pada konsumen setia Anda yang memasarkan produk tersebut. Baik berupa uang, produk, kupon, maupun diskon.

Dan ini bisa menaikan reputasi bisnis anda, jadi orang senang dengan produk dan bonus yang anda berikan.

Melakukan Promosi dengan Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)

Konsumen tentu lebih suka apabila ada brand sebuah produk yang ramah lingkungan, sehingga menjadi langkah yang tepat dengan membeli produk bisnis Anda. Strategi pemasaran yang dilakukan brand Anda terhadap lingkungan dan isu di sekitar masyarakat ini ditunjukkan dengan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Cara ini dapat Anda terapkan dengan penggunaan bahan produk atau label yang ramah lingkungan serta penggalaman dana yang dibagikan kepada sebuah komunitas maupun organisasi. Besar kemungkinan jika kegiatan semacam ini dilakukan, brand produk Anda lebih dikenal, dan disukai oleh masyarakat.

Tapi ini juga tergantung produk yang anda jual, jadi tidak semua produk bisa sesuai dengan type penasaran yang seperti ini.

Konklusi

Beberapa langkah di atas merupakan cara yang terbukti ampuh dalam strategi pemasaran produk, baik baru ataupun lama untuk dapat dikenali dan diborong konsumen. Pasalnya, produk dikatakan efektif apabila diminati oleh konsumen. Namun demikian, sebelum cara memasarkan produk dengan benar dan tepat, sebaiknya Anda sudah membuat desain logo perusahaan atau brand, label, poster, brosur, hingga akun sosial media yang akan Anda gunakan sebagai media promosi. Semoga cara di atas dapat membuat tujuan brand awareness dan taget penjualan produk Anda bisa tercapai. Sekian dari kami dan terimakasih.

Code enthusiast, learn everything and do anything.

Related Posts

Bisnis online ketika pandemi

Bisnis Online Ketika Pandemi, Jaga Produktifitas Di Rumah

Bisnis Online – Ketika pandemi virus corona menyebabkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan manusia. Bukan hanya Indonesia, tetapi semua Negara di belahan dunia. Utamanya dalam bidang ekonomi….

Cara Dapat Pasif Income Dengan atau Tanpa Modal

Siapa sih yang gak mau dapat Pasif Income Tanpa Modal? Dengan kerjaan yang di bilang ringan kamu bisa meraup hasil segede gedenya, namun terlepas dari itu biasanya…

5 Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar

Kata siapa yang berboleh berbisnis hanya orang dewasa atau yang sudah tamat pendidikan? Sehingga omongan seperti itu seperti tertanam di benak orang orang jika anak sekolah atau…

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *